Keindahan kehidupan binatang alam bebas akan memberikan kelucuan dan keunikan tersendiri, apalagi kita bisa mengabadikan tingkah laku binatang tersebut, pasti akan menjadi karya cipta yang sangat mengagumkan. Coba saja perhatikan acara Animal Planet televisi berbayar, tingkah laku hyena  musih singa sepanjang masa. Hyena saat berinteraksi dengan anggotanya selalu bertingkah laku lucu, moment tersebut di abadikan koleksi photography maupun visual.

Saya pernah juga melihat acara di Animal Planet, seekor anak banteng yang akan dimakan oleh singa betina, anehnya singa tersebut tidak jadi memakan anak banteng tersebut. Lucunya anak banteng tidak mau pergi dari singa betina, malah selalu ikut kemana singa betina tersebut pergi. Keunikan disini naluri buas singa betina merasa kasihan oleh anak banteng, ternyata kawanan induklah yang menjadi target utama sebagai makanan singa tersebut.

Dari cerita diatas Wildlife Photography merupakan genree fotografi yang mengabadikan keunikan, kelucuan dari kehidupan satwa liar untuk menjadi hasil yang mengagumkan. seseorang yang terjun kedunia Wildlife Photography harus mempunyai skill yang mumpuni dengan fasilitas fotogarfi yang handal. Tidak mudah untuk mengabadikan tingkah laku satwa liar, karena satwa tersebut tidak mudah didekati. Fotografer harus menunggu dengan untuk mencuri moment dari tingkah laku satwa tersebut untuk diabadikan. Bekal pengetahuan dari tingkah laku satwa juga harus dimiliki oleh seorang Wildlife Photography, setidaknya tahu kapan satwa akan berkumpul, mencari buruan dan tidur untuk istirahat.

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus harus memerlukan kamera high-end juga lensa untuk yang cocok untuk mengabil moment tersebut. Kadang juga hasil foto dengan kamera biasa juga bisa, tapi kemungkinan tidak ada unsur kesengajaan untuk mengambil moment tersebut, kebetulan ada moment dan diabadikan menggunkan kamera smartphone dan sejenisnya. Macro photography merupakan salah satu tehnik yang populer di dunia fotografi karena menghasilkan gambar yang unik dari objek yang diambilnya. Macro photography ini tidak diperuntukkan untuk satwa saja, bisa diwujudkan objek manusia, daun, bunga dan objek yang mepunyai keunikan tersendiri.

Selain tehnik macro photography harus dibutuhkan lensa tele untuk pengambilan objek jarak jauh. Seorang yang berkecimpung di dunia Wildlife Photography tidak akan mengambil gambar dari jarak dekat, mereka harus mencuri [hidden cam] menggunakan lensa tele. Untuk mengambil objek dibawah air dibutuhkan kamera DSLR underwater. contoh kamera underwater dengan harga terjangkau yaitu DSLR Canon 5D Mark II dan Nikon D7200. Dengan kamera underwater setidak bisa mengabadikan moment unik dan luci dari kehidupan satwa bawah laut.

Untuk pertama kalinya kehidupan satwa di publish agar dilihat oleh umum diabadikan oleh Gerge Shiras III dari Pennslvania, Amerika serikat sebelum tahun 1906. Genree fotografi Wildlife Photography pertama kali di publish oleh National Geographic. Ketepatan waktu dan kesabaran sangat diperlukan untuk mengabadikan kehidupan unik dan lucu agar menjadi Wildlife Photography.






All Image saya ambil menggunakan Nikon D3200 dengan lensa standart

Saya hanya hanya pengagum sebuah foto yaang mengaggumkan, foto yang memiliki nilai tersendiri, semoga tulisa diatas bisa menambah wawasan tersendiri dari gagasan pribadi saya menurut pengetahuan saya, terima kasih.