Eks Rumah Bekas Pabrik Karung Goni Delanggu

Selain ada peninggalan penjajah belanda pabrik gula Ceper, klaten masih punya eks sejarah masa lalu, pabrik Goni Delanggu. Pabrik yang jaya dimasa lalu lebih terkenalnya dengan pabrik Goni ditelinga masyarakat. Padahal pabrik ini memiliki history yang cukup panjang dilihat kapan berdirinya pabrik Gula Delanggu.

1917 Pabrik Gula Delanggu didirikan oleh pemerintah Belanda, akan tetap menurut Library Leiden University, Pabrik Gula Delanggu sudah ada sejak abad ke 18. Tahun 1981 petani tebu di Delanggu sekitar 404 bau dengan hasil tebu sekitar 16.183 pikul. Maka Pabrik Gula Delanggu bisa dikatakan pabrik gula besar untuk hitungan hasil petani tebu.

source img : https://jjsklaten.wordpress.com/2017/06/04/sejarah-pabrik-karung-goni-delanggu-klaten

Tahun 1933 pemerintah Hindia Belanda menutup pabrik gula ini lantas mengubah menjadi pabrik Karung Goni. Hingga saat ini pabrik Karung Goni Delanggu masih berdiri, dari bekas rumah karyawan dan pintu masuk eks pabrik karung goni masih di jaga oleh satpam.

Berikut satu bekas rumah yang ada di kawasan pabrik Karung Goni Delanggu Klaten.




Diatas hanya sebagian bekas rumah karyawan Pabrik Karung dan Goni Delanggu, padahal di utara pabrik karung masih banyak lagi eks perumahan model masa lalu yang berdiri kokoh. Sayang kusen jendela banyak yang hilang, siapa yang mengmbilnya saya sendiri tidak tahu.

Seharusnya Pabrik Karung dan Goni Delanggu dijadikan pabrik sejarah, dilihat dari segi bangunan peninggalan penjajah Belanda.
Sebagian artikel sumber : https://jjsklaten.wordpress.com/2017/06/04/sejarah-pabrik-karung-goni-delanggu-klaten
Reactions

Post a Comment

0 Comments