Budaya gotong royong merupakan ciri khas kepribadian bangsa Indonesia, pastinya gotong royong bersifat turun temurun. dari nenek moyang sampai di generasi kita, Alhamdulillah ... inilah corak ragam kegiatan masyarakat yang menyatukan golongan kaya maupun miskin.

Gotong royong dikerjakan secara bersama dari masyarakat disebuah desa maupun perkotaan. Entah itu membersihkan selokan, membangun jalan gang kampung dan kegiatan bersama dalam masyarakat. Dengan gotong royong ssuatu pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan dari pada kita menyuruh ahli dibidangnya.

Sisi lain yang harus dibedakan, gotong royong bekerja tanpa pamrih imbalan uang, secara sukarela karena itu semua tugas atau kewajiban kita sebagai masyarakat. Dengan menyuruh kita harus mengeluarkan upah untuk membayar buruh yang mengerjakan apa yang masyarakat suruh.

Bagi warga yang berduit, pasti memilih untuk membayar dari pada bekerja, karena uang adalah segalanya. Tapi, kita hidup bermasyarakat ! tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dari masyarakat atau tetangga terdekat.

Misal kita sendiri mempunyai acara hajatan, pasti membutuhkan tenaga tetangga terdekat untuk membantu rencana acara demi acara. contoh lain ketika ada orang meninggal kita, prosesi juga membutuhkan tetangga terdekat untuk melancarakan prosesi pemakaman.







Gotong Royong? sangat harus selalu dilestarikan didalam hidup bemasyarakat. ketika gotong royong dilakukan, seorang guru, pegawai kantor, buruh akan guyub rukun melakukan pekerjaan secara bersama.