Kamera DSLR untuk pemula nikon D3200 bisa dijadikan solusi untuk belajar sebelum terjun ke dunia fotografer. Walaupun untuk pemula akan tetapi kamera Nikon D3200 memilki fitur dan hasil yang bisa dibanggakan.

Menurut saya pribadi, sebelum membeli kamera DSLR harus melihat kedepan, fungsi kemera tersebut untuk apa? apakah untuk mendukung pekerjaan ataukah sekedar melampiaskan hoby saja.


Untuk kamrea pemula kita hanya mengeluarkan dana sekitar 5 jutaan saja, akan tetapi untuk kamera semi pro dan pro sangat mahal harganya. Jika kamera tersebut untuk fasilitas pekerjaan sangat rekomended sekali. Akan tetapi bila hanya untuk pelengkap kebutuhan saja mending membeli kamera murah tidak murahan, contohnya Nikon D3200.


Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas cara menggunakan kamera DSLR Nikon D3200.
Tombol ON/OFF
Untuk menghidupkan kamera, swicth on/off ada disebelah kanan body Nikon D3200, letaknya dibawah tombol pelepas rana [shoot].

Putar kearah posisi ON switch untuk menghidupkan daya kamera DSLS D 3200, untuk mematikan kamera switch dikembalikan ke posisi OFF.

Mode Pilihan [Knob Mode]
Knop ini berfungsi sebagai oilihan mode untuk mengambil objek jepretan kamera, apakah kita memilih manual atau auto. Berikut singkatan yang ada di mode pilihan :
  • M : Manual. Kita menentukan sendiri dari ISO, Shutter dan setingan lainnya. Harap diperhatikan, memilih mode manual harus jeli dan teliti, karena salah mengatur hasilnya akan gelap bahkan sangat terang sekali.
  • A : Prioritas Apetur Otomatis. Apabila kita memilih mode A maka apetur dan shutter speed akan berubah saat kita memperbesar objek menggunakan lensa kemara. Objek semakin terang maka angka apetur akan semakin besar, dan konsisi objek semakin gelap maka angka apetur dan shutter speed semakin kecil, bahkan akan akan keluar peringatan " subjek terlalu gelap ! ".
  • S : Prioritas rana Otomatis. Mode ini kita memilih kecepatan rana sementara secara otomatis dengan ditandai bukaan lensa dengan berubahnya shutter speed. Menggunakan kecepatan lambat akan meberi kesan gerakan dengan mengaburkan objek. kecepatan rana cepat untuk membekukan gerakan.
  • P : Mode Terprogram Otomatis. Kamera DSLR akan bekerja otomatis mengatur kecepatan dan bukaan lensa untuk hasil pencahayaan yang maksimal. Memilih mode ini untuk mengambil bidikan objek di mana kita membiarkan kamera DSLR Nikon D3200 bekerja sendiri dalam mengatur apertur, shutter speed dan bukaan lensa.
  • AUTO. Pilihan ini lenbih simpel tanpa harus memiliki pengetahuan tentang pengaturan dalam pengmabilan objek. Mode auto kita sangat dipermudah dengan menghasilkan jeprtean yang tak kalah bagus dengan mode diatas.
  • Potret Malam. Mode ini digunakan untuk pencahayaan rendah, didalam ruangan yang kuran cahaya atau konsisi pada malam hari. Sangat disarankan menggunakan tripod kamera untuk menghindari hasil jepertan menjadi kabur [ngeblur]
  • Close Up. Mode ini disarankan untk menggunakan kamera macro dengan memfokuskan dari jarak yang dekat, contohnya kita mengambil objek semut, burung. Seperti mode Potret malam, sangat disarankan menggunakan tripod agar hasil jepretan bisa maksimal.
  • Olah Raga. Mode ini akan memfokuskan objek sehingga bisa menonjojol hasilnya. Untuk objek lainnya biasanya agak ngeblur sedikit bahkan lebih.
  • Anak. Mode ini diperuntukkan untuk pengambilan mode jepretan onjek anak-anak, hasilnya akan lebih fokus dan terlihat hidup.
  • Pemandangan. Khusus mode ini digunakan pada siang hari sesuai dengan pilihan mode. Lampu kilat dan sinar bantuan auto fokus akan di non aktifkan. Sangat disarankan menggunakan tripod agar hasil jepretan tidak kabur.
  • Potret. Saya pernah mencoba menggunakan mode Potret dan memakai lensa Tele, hasilnya sesuai dengan fislitas dari mode potret. Jadi jika menggunakan mode potret kita harus mengganti atau memakai lensa tele diatas 200 mm.
  • GUIDE. Sebetulnya mode ini mencakup pilhan mode potret, pemandangan, anak, olahraga, close up dan potret malam. Kita menentukan untuk menggunakan mose pengoperasian mudah dan canggih yang sudah disediakan pada kamera DSLR Nikon D3200.

Tombol Fn
Tombol Fn untuk mengatur dan mengubah ISO sesuai dengan konsisi objek dan pencahayaan tanpa lampu bantuan. ISO semakin kecil maka hasil gambar akan semakin gelap dan semakin besar gambar akan semakin terang. Perlu diperhatikan juga, pengaturan ISO harus disesuaikan dengan apetur, shutter dan shutter speed.
Tombol Aperture
Tombol ini untuk mengatur kecepatan dan bukaan lensa bila kita memilih mode manual. Semakin besar perture maka bukaan lensa semakin kecil, semakin kecil angka aperture maka bukaan lensa akan semakin besar. Untuk hasil bokeh biasanya memilih aperture dengan angka kecil dengan mengatur shutter dan ISO karena kita menggunakan mode manual.

Tombol Playback
Tombol ini berguna untuk melihat hasil jepretan kamera DSLR yang terletak dibilah sisi layar Nikon D3200. Untuk memperbesar gambar kita bisa mengubah zoom in dan out, untk mengembalikan tinggal menekan tombol playback.

Ityulah sebagian kecil dari fungsi drai mode dan tombol yang ada di kamera DSLR Nikon D3200. semoga artikel ini bisa berguna. saya bukan seorang mastah fotografer, DSLR adalah pelengkap untuk mengabadikan moment keluarga kecil saya, terima kasih.