Masih kokoh dan kuat sampai saat ini, mesin obras pegasusus milik ibu tercinta. Berbekal mesin jahit dan obras, beliau bisa berkarya membuat pakaian untuk dijual kembali. Gigih hingga saat ini, Alhamdulillah juga sang menantu [istri saya] lihai dalam bidan menjahit.

Mesin Obras Tua Pegasus akhirnya dikasihkan kepada menantu tercinta untuk mengobras pakaian kebaya pesanan teman teman istri saya.


Pada tahun 1877, Joseph Millard menciptakan sebuah mesin crochet yang berguna untuk membuat rajutan agar terlihat sempurna dan bermutu. Dari kegigihan Joseph Millard, akhirnya berhasil membangun Merrow machine Company untuk memproduksi mesin jahit overlock terbesar di Amerika.

Mesin overlock atau mesin obras berguna untuk menjahit tepi kain, fungsi kain di obras untuk mengantisipasi kain yang sudah dijahit tidak teruari dan lebih rapi.


Saat ini, harga mesin obras terbaru sangat bervariasi sesuai dengan merk dan spesifikasi dari mesin obras tersebut. Contohnya saja mesin obras portable, dapat menjahit bahan apapun seperti kain kaos, kain denim dan kain lainnya.


Harga mesih obras sekitar 1 jutaan sampai 3 jutaan, dapat dilihat dari jenis mesin obras typical dan portable. Berbeda dengan mesih obras buatan jaman dulu, harga bekas sekitar 600 ribu dengan bahan full besi bukan plastik.


Walaupun sudah tua, mesin obras pegasus masih bisa dihandalkan ! dengan perawatan secara berkala pasti mesin obras ini bisa dihandalakan ketagguhannya. Walaupun kotor, itu hanya bodinya saja, akan tetapi besi-besi didalam mesin obras ini terus saya beri oli mesin jahit agar bisa digunakan untuk mengobras pakaian pesanan kebaya.