Sawah mulai menghijau setelah setengah tahun lebih kering kerontang karena kemarau panjang. Aku terlahir di daerah pelosok, jauh dari keramaian kota, mayoritas penduduk didesaku hanyalah seorang petani.

Tanaman padi mulai menghijau, terlihat adem ayem damai sentausa, itulah salah satu sudut kehidupan di desa. Setiap pagi para petani memulai beraktifitas disawah, memelihara padi agar bisa panen 2 bulan kedepan.


Improt beras ? sepertinya tidak berlaku untuk penduduk yang hidup didesa ! kebutuhan pokok seperti beras selalu tersedia setiap saat. Apalagi tanaman sayur mayur ! selalu ada disekeliling rumah, apakah mungkin penduduk didesaku memakan beras import ? jawaban saya tentu tidak !

Tahun-tahun kemarin ada kabar bahwa pemerintah mau meng-import beras, mungkin saja stok BULOG sudah habis atau harga beras melonjak naik karena kemarau panjang.


Harga beras naik pastinya para petani akan bergembira, saat panen akan merasakan hasil dari jerih payahnya. Bisa mengembalikan modal saat memelihara dan mengurus sawahnya, misalnya untuk membeli pupuk dan obat-obatan untuk manggulangi hawa padi.


Beras adalah makanan pokok warga Indonesia, jika ingin hidup makmur maka pertanian sebagai pondasi utama. Apalagi penduduk didesa mayoritas petani, jika pemerintah fokus memberikan penyuluhan cara bertani yang baik maka setian 3 bulan sekali petani bisa mersakan panen raya.