Ada beberapa tips dasar untuk kita pelajari, agar kita menguasai saat menggunakan kamera DSLR Nikon D3200 bahkan DSLR level atasnya. Setelah terbiasa maka kita akan enjoy saat menggunakan kamera tersebut, hasilnya hasil jepretan menghasilkan foto yang bagus pula.

Silahkan baca juga artikel :

Penguasaan Dasar
Luangkan waktu sebentar untuk membaca buku panduan yang sudah disisipkan ketika kita membeli kamera baru.


Bagaimana kita mengontrol shutter speed, aperture dan focal length lensa kit, pengaturan ISO dan hal-hal penting lainnya. Dengan kejelian ketepatan hal-hal diatas maka hasil foto sesuai dengan harapan kita sebagai penikmat gambar.

Memilih Lensa Kit Yang Sesuai
Lensa adalah sebuah mata, bagus dan tidaknya adalah tergantung dengan benda ini. Bukan berarti lensa kit bawaan itu jelek, semuanya tinggal bagaimana kita menggunakan kamera Nikon D3200.

Apabila ingin gambar belakang bokeh maka kita harus membeli lensa FIX, Hobi hunting kita bisa menggunakan lensa tele agar bisa menjangkau objek dari jarak jauh sesuai dengan focal leght lensa yang kita pakai, contohnya Nikon AF-S 300mm.
Jangan Memakai Built-In Flash
Saat memotret objek jangan menggunakan lampu flash built in dari kamera Nikon D3200, kecuali objek terlalu gelap. Lampu flash dapat menyebabkan objek terlalu cerah dan menimbulkan bayangan di belakan objek. Sebaiknya kita membeli lampu flash ekternal karena flash bisa kita atur sesuai keinginan kita.

Saat di dalam ruangan kita bisa mengakali agar bayangan tidak teralu terlihat dengan menggunakan metode Bounce flash. Cara ini memanfaatkan pantulan cahaya dari dinding atau plafon dalam ruangan tersebut.

Jangan Memaksa Melawan Matahari
Inilah kesalahan kita sendiri, saat mengambil objek kadang kita tidak memperhatikan posisi onjek tersebut. Menggunakan kamera apapun juka melawan matahari pasti objek akan terlihat gelap, kecuali hal ini sengaja kita kerjakan.


Pakailah Tripod
Foto objek ngeblur dan berbayang disebabkan oleh gerakan kita yang tidak stabil, atau bisa juga disebabkan fokus lensa kuran pas.

Faktor lain adalah shutter speed terlalu lambat, kita memaksa cahaya ke kamera agar foto lebih cerah.  Hal ini sebenarnya langkah yang salah ! jika shutter speednya lebih lambat dari focal lensa maka hasilnya akan berbayang atau nge-blur.

Cara terbaik adalah memakai tripod agar beban kamera D3200 tidak membebani tangan kita. Palagi kita suka memotret gambar patroit, tentunya akan menghasilkan foto yang bagus cerah dan fokus.

Jangan Malu Malu Kucing
Jangan malu saat mengambil gambar di luar ruangan, apalagi ruangan terbuka banyak lalu lalang orang yang sedang beraktifitas. Hunting foto adalah tantangan, mengabil moment terbaik ketika kita diluar ruangan.


Jepretlah setiap menjumpai moment yang bagus menurut kita karena foto tersebut dapat menjadi kenangan kelak dikemudian hari.