Lebaran Telah Tiba! Inget Masa Kecil

Asik juga saat lebaran, warga desa saya tambah banyak, maklum banyak warga yang mudik dari kota ke desanya kembali. Dulu waktu kecil sih sering bareng-bareng nongkrong, saat lulus SMA teman2 langsung merantau ke kota besar, contohnya aja Jakarta.

Anak-anak riang gembira lalu lalang didepan rumah, untuk memepersiapkan Takbir keliling. Hiruk pikuk desa saya tambah rame, biasanya cuman lalu lalang tetangga sebalah :) , waktu H-2 face baru lewat didepan rumah saya.

Tradisi lebaran sampai saat ini, ujung atau sungkem ke kedua orang tua, untuk meohon maaf agar orang tua memaafkan kelsalahan selama setahun. Kadang ada yang nagis sampai tersedu sedu saking bahagianya.


Misal kita anak nomor satu dan memiliki beberapa saudara, pasti saudara kita akan sungkem pada kita, sesudah kita dan saudara kita sungkem sama oran tua. perasaan pasti terharu banget, sebelumnya sering adu pendapat tapi pas lebaran sayang-sayangan, jadi teringet pas masa kecil main kelereng.

Habis sungkem kedua oarng tua langsung aja muter ke saudara dari ayah da ibu, minta maaf seperti sungkem pada orang tua, lainnya makan dan makan setelah 1 bulan berpuasa.

Anak-anak juga merasakan saat lebaran, dia mendapat uang fitrah dari kerabat, saling bertanya kepada teman seumurannya :

hai joko, kamu dapet fitrah berapa? nih aku udah dapet 25 ribu ...

Fitrah menjadi kebahagiaan anak kecil, mungkin kalau saya dikasih fitrah dangat tidak menolak, saya terima dengan senang hati

Lebaran telah tiba dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H, admin photopedia mengucapkan minal adizin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin, amin.
Reactions

Post a Comment

0 Comments