Mungkin Dua Benda Ini Sudah Punah

Jaman mulai maju, diiringi dengan berkembangnya alat-alat untuk membantu aktifitas kita sebagai umat manusia. Tak heran banyak developer melakukan inovasi dari berbagai elemen untuk menciptakan sebuah alat untuk di perkenalkan secara publik.

Nah, penahkah kamu mendengar kata Tampah dan Ompreng ? dua benda ini mungkin kamu jarang terdengar bahkan juga jarang melihat. Sewaktu saya masih kecil, sedua benda ini sangat penting sekali fungsinya, setiap rumah atau keluarga harus memilikinya.

TAMPAH
Tampah bentuknya bulat ini terbuat dari anyaman bambu, sedangkan fungsinya sangat beraneka ragam. Simbah saya tampah digunakan untuk inter-inter beras sehabis ditumbuk dilesung kayu ataupun batu. Istilah inter-inter berguna untuk memisahkan antar beras dan kulit beras, fungsinya saat menanak nasi tidah ada kulit beras yang dimasak.


Saat tetangga hajatan, tampah berguna untuk mengantar spdaqoh makanan kepada sanak soaudara dan tetangga terdekat. Tampah digunakan sebagai alat untuk membawa makanan yang diletakkan diatas kepala.

OMPRENG
Ompreng tak kalah penting apabila dilihat dari fungsinya, yaitu untuk memasak air, memasak sayuran, memasak nasi dan lain sebagainya. Ompreng mempunyai diameter sekitar 40 cm dan bisa menampung masakan untuk dikonsumsi lebih dari 10 rang. Ompreng terbuat dari alumunium bukan dari tanah liat, saat digunakan memasak menggunakan kayu bakar bukan gas elpiji.

Kedua alat ini mungkin jarang digunakan, karena inovasi alat alat rumah tangga terbuat dari plastik, kecuali ompreng. Plastik lebih efisien, harganya yang terjangkau untuk daya beli masyrakat bawah. Tapi sampah plastik tidak bisa diurai pleh tanah, untuk kedepannya bisa menjadi masalah besar untuk kita sebagai penghuni planet bumi.

Reactions

Post a Comment

0 Comments